Attention

Jika anda membutuhkan literatur, tesis, makalah dan jasa/bantuan konsultasi yang berkaitan dengan skripsi, tesis maupun disertasi yang berkaitan dengan ilmu lingkungan, perikanan, kesehatan lingkungan, hukum lingkungan, modeling lingkungan, remote sensing dan GIS. Dapat berkonsultasi lewat blog ini atau dapat langsung menghubungi nomor HP. 085278381332/rama.imhere@gmail.com /elsyaif13@gmail.com. EL_SYAIF.CO Juga menyediakan pembuatan dan setting untuk model suvenir, plakat, baju kerja, baju olah raga, almamater, jaket , bordiran dll. grosir maupun eceran dengan harga terjangkau.

Studi Kualitas Air Tanah di Sekitar Penimbunan Limbah Padat Industri Pulp dan Paper di Kabupaten Pelalawan

ABSTRAK

Pengelolaan limbah padat PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) telah dilakukan sejak tahun 1995 yang dilakukan secara open dumping. Remediasi dari tempat penimbunan ini (dumping site) telah dilakukan sesuai dengan izin yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup No.B-566/Dep/IV-1 LH/02/2003.

Untuk mengetahui dampak dari tempat penimbunan limbah padat ini terhadap kualitas air tanah di sekitarnya maka telah dilakukan penelitian kualitas air pada sekitar pabrik PT. RAPP di Kecamatan Pelalawan. Pengujian dilakukan terhadap empat sumur pantau dan tiga sumur penduduk. Dari studi ini diketahui bahwa parameter fisika dan kimia air tanah di sekitar pabrik masih di bawah baku mutu air bersih sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 416/MENKES/PER/IX/1990, kecuali parameter pH, besi dan total koliform. Namun tingginya nilai parameter ini tidak terkait langsung dari hasil penimbunan limbah PT. RAPP. Dengan demikian dapat dikatakan tidak terjadi dampak penimbunan limbah padat PT RAPP terhadap kualitas air di sekitarnya.

Kata Kunci: Kualitas air tanah, industri pulp dan paper, limbah padat


ABSTRACT

Solid waste management of PT. Riau Andalan Pulp and Paper (PT. RAPP) has been performed since 1995 by open dumping technique. Remediation of this dumping site has been started based on the authorization letter released by Kementerian Lingkungan Hidup (Ministry of Environment) No. B-566/Dep/IV LH/02/2003.

A study was conducted to determine the impact of the dumping site of PT. RAPP on the surrounding area. Four monitoring wells and three local community’s wells was subjected to the study. The result showed that the quality of physical and chemical parameters of the ground water were still below the clean water standard quality based on the Ministry of Health Regulation No. 416/MENKES/PER/IX/1990, except for pH, iron and total coliform parameters. However, it was not proved that this was related to the dumping site. Therefore it can be concluded that there is no negative impact the dumping site of PT. RAPP to the water quality of it surrounding area.

Keywords: ground water quality, pulp and paper industry, solid waste.

0 komentar:

Posting Komentar

Translater

Clock

Jumlah Pengunjung

El_Syaif.co Community

El_Syaif.co Community
untuk bumi yang lebih baik

Mengenai Saya

Pekanbaru, Riau, Indonesia
EL_SYAIF.CO Sebagai Komunitas Kreatif dari Alumni-Alumni S2 Bidang Perikanan, Ilmu Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Hukum Lingkungan, Model Lingkungan, Remote Sensing dan GIS Sebagai Wadah Konsultasi dan Bimbingan Research bagi seluruh stakeholder yang membutuhkan

Members

Tinggalkan Pesan Anda Disini

El_syaif Blog Community

Apakah anda setuju bahwa saat ini suhu bumi semakin panas?

Cari Blog Ini